Windows vs Linux

|

ROHIS Linux
Windows vs Linux???
Ta'aruf

Assalamu'alaikum wr wb cmuwa??? Gimana kabare rek, sae-sae kan? Alhamdulillah Kita masih diberi umur yang panjang, hingga kita dapat bertemu lagi. Mas2, Mbak2, Temen2, Adeq2 pasti bingung sewaktu lihat halaman ini. Emang en disengaja kalo dari edisi kali ini sampai seterusnya bakalan ada rubrik ini, mari kita kenalan??

Ngaa' uzah basa basi, kita langsung menuju inti, tapi ada satu pertanyaan sebelumnya, Apa kalian mengenal Windows? Pasti sudah akrab plus lengket banget ma Windows. Karena kebanyakan Pc menggunakan Windows sebagai sistem operasinya (OS). Bahkan jadi market leader?!!Wuiiiih... Sekarang kita sejenak tinggalkan Windows, sekarang mari kita kenalan kepada OS yang laen, ada Mac-OS ayo kenalan. OS yang satu ini belum populer, karena bersifat komersil (en penulis juga belum pernah make, hehehe??). Maka dari itu kita tak dapat menjelaskan secara spesifik (afwan).

Sekarang kita kenalan dengan seekor pinguin, apa kalian tahu siapa Dia? Dia adalah Linux, bagi sebagian orang pasti akrab dengan kata2 nie, ataupun sudah mengerti betul Linux. Tapi dari hasil survey di sma kita, mereka masih belum pernah mengoperasikan Linux ini. Linux, dilihat sih kalah populer dengan Windows. Sekarang coba jawab pertanyaan di bawah :

1. Berapa banyak Pc yang pernah Kalian pake yang menggunakan OS Linux ?
2. Apa OS Pc yang digunakan di sekolah kita ?
3. Jika Kalian memiliki Pc, apa kalian yakin sofware yang Kalian gunakan Asli/Aspal?
4. Tahu kenapa Negara ini terus terperosot saat Negara laen sedang naek, salah satu penyebabnya ialah Negara kita Negara pembajak. Apa Kalian setuju ?

Sekarang Kita ulas sedikit tentang bagaimana tentang Windows, Windows mematokkan harga untuk setiap produk yang mereka buat. Dari OS(Xp, Vista), Microsoft Office yang terlalu mencekik leher, etc. Harga untuk Microsoft Office yang diturunin aja mencapai 800ribuan, bayangkan coba. Itu hanya Microsoft Office, belum yang lainnya bisa nambahin duit Bill Gates terus kita. Lalu muncullah ide untuk membajaknya, dan harga bajakan tentu sangat lebih murah dibanding yang asli. Tapi para pembajak akhir2 nie takut, karena adanya razia.

Lalu muncullah Linux sebagai alternative lain. Namun dulu waktu Linux awal2 keluar, belum banyak softmare yang mendukung, misalkan belum adanya pemutar mp3 (jadul baget si, hp aja bisa), sampai yang sangat kompleks sekalipun.Tapi itu dulu, sekarang makin banyak aplikasi yang didukungnya. Misalkan untuk pengganti Microsoft Office, kita dapat memakai OpenOffice yang sekarang sudah mencapai versi 3. Pengganti Corel ada banyak misal GIMP, peruntuh Internet Explorer ada Mozilla Firefox, en masih banyak lagi aplikasi yang bisa digantikan di Windows. Dan semua aplikasi itu dapat diperoleh secara cuma-cuma. En tentunya ga bajakan???


Distro

Distro (Distribution Linux) adalah jenis2 dari distribusi Linux dari berbagai Project di belahan dunia. Mereka adalah para sukarelawan yang mencipkatan aplikasi baru setiap hari. Sistem perbaikan yang dilakukan Linux tidak terpusat, namun siapa saja dapat menyampaikan bug dalam distro dari masing-masing Project. Akhirnya tak menunggu waktu yang lama untuk memperbaiki bug yang ada. Dari distro Linux yang terkenal : Ubuntu, openSUSE, Mandriva, Fedora, etc. Banyak sekali distro yang ada. Jadi kita harus mencari distro sesuai kebutuhan kita untuk diinstall di PC kita. Dan bagi Kalian yang hanya punya komputer jadul (jaman dulu) ga usah khawatir, Pentium II dengan RAM 64MB pun dapat diinstallkan dengan distro Linux tentu dengan distro mini, en yang pasti komputer Kalian tak akan lemot. Sejauh ini Tim ROHIS Linux smansapa, hanya memiliki 16 distro Linux. Berikut daftar Distro yang Kami punya :

Ubuntu Muslim Edition_8.04 : LiveDVD
genToo_2008 : LiveCD
MandrivaSpring_2007 : LiveCD/LiveUSB
mpentoo2006 : LiveCD/LiveUSB
LinuxMint_5.0 : LiveCD
NimbleX2008 : LiveCD/LiveUSB
SlaX_6.0.7 : LiveCD/LiveUSB
EFW : LiveCD
feather_0.7.4 : LiveCD/LiveUSB
Austrumi_1.7.2 : LiveCD/LiveUSB
Puppy_4.00_KDE2.6 : LiveCD/LiveUSB
XpuD_0.7 : LiveCD/LiveUSB
dsl_4.2.4 : LiveCD/LiveUSB
PartedMagic_3.0 : LiveCD/LiveUSB
Slitaz-cooking : LiveCD/LiveUSB
gOS : LiveCD

Bagi yang berminat untuk mencoba Linux, Kami siap menerima pesanan, kalo bawa CD/DVD sendiri gratis, kalo cuma pesen CD 2000, DVD 5000. Bagi temen2 yg pengen bantu team Rohis-Linux, yg punya distro bisa disharing dg qta. Untuk konsultasi silakan kirim sms ke 08567598785 atau E-mail : hackerbuoy@hotmail.com
for more information, click Linux.or.id

Akhirul kata Wassalamu'alaikum wr. wb

Bersambung edisi berikutnya……………….

1 komentar:

Abu unais mengatakan...

Muslim harus kaffah menjaga 'izzah. Gunakan yg halal,jangan yg haram/bajakan.
So,be legal,be professional, be linux.Muslim harus kaffah menjaga 'izzah. Gunakan yg halal,jangan yg haram/bajakan.
So,be legal,be professional, be linux.

Posting Komentar