do'a dan pengamen

|

Barang kali anda pernah melihat , ketika ada seorang pengamen yang asal menyanyi-nyanyi. Suaranya fales dan lagunya kurang bermutu. Lantas oleh Si tuan rumah segera memberi uang recehan” 1oo kek, 200 kek, dan paling banyak juga 100 rupiah. Atau anda sendiri pernah melakukannya?? He..he..just kidding. Mengapa demikian??Mengapa begitu?? Nih bahkan yang tak kalh ekstremnya , di depan pintu-pintu rumah atau pertokoan sering diberi tulisan “ Ngamrn Gratis”. Ha..ha..kasih dong pengamen kan juga bekerja..?Mengapa hal itu terjadi??
Bandingkan pula ketika ada penyanyi atau group band papan atas yang suaranya bagus dan lagunya lagi hits sedang menyanyi di atas panggung. Bukankah banya fans yang tergila gila dengannya? (itu loh kayak D'MASSIV). Bukankah banyak penggemar yang berjingkrak-jingkrak mendengar alunan lagu yang dibawakan oleh sang vokalis Ryan seperti “Merindukanmu, Di Antara Kalian, dan Manusia tak berharga (ill feel)
Mengapa demikian?
Tatkala anda terburu-buru mengambil uang recehan anda kepada pengamen. Tentu bukan karena anda merasa senang dengan penampilan bukan? Justru barang kali anda merasa sebel dengan kehadiran si pengamen., sehingga anda terburu-buru menganbil uang recehan untuk diberikan.
Bagaimana kalau yang mengamen adalah Ryan “ D'massiv”?apakah anda akan melakukan hal yang sama? Ataukah anda akan secepat mungkin memberikan uang kepada sang penyanyi? Tentu tidak bukan?pasti sebelumnya menta tanda tangan kek, foto bareng n makan bareng juga gak papa.
Udah yaa… basa basinya cukup sekian. Peristiwa diatas dapat dikontekstualkan kedalm tingkat terkabulnya do'a. Memang Allah SWT pasti akan mengabulkan permohonan do'a hamba-hamba-Nya, seperti yang dijanjikannya ( Q.S. Al-Baqarah (2):86). Rasul pun menyatakan demikian.
Sebagaimana disebutkan dalam buku Perdebatan Langit dan Bumi (2005) bahwa ada tiga tingkatan dikabulkannya sebuah do'a, yakni :
Pertama, do'a Si Hamba akan langsung dikabulkan oleh Allah.
Kedua, dikabulkan tetapi ditundas hingga waktu tertentu.
Ketiga, Do'a tersebut dikabulkan di akhirat(do'a yang tertinggi)
Lantas ini bias menjadi refleksi bagi kita. Tentu kita senua harus bersyukur kepada Allah, jika do'a kita dikabulkan oleh Nya. Namumn hendaklah bersyukur dan berbahagia aslkan anda tidak mengucapkan “ “ BAgaimana ini akan terjadi, jika do'aku tidak dikabulkan oleh Allah? Ingatlah bahwa pernyataan seperti itu dapat mendiskreditkan Allah, karena Allah sesungguhny Maha Berkehendak. Sebaiknya anda cukup mengucapkan “Alhambulillah do'a kami dikabulkan-Nya.”
Jika anda berdo'a dan langsung dikabulkan oleh Allah, sebaiknya anda berfikir dan merenung dalam-dalam. Jangan-jangan anda diperlakukan seperti pengamen yang segera diberi uang recehan,
Sebaliknya, jika do'a anda tidak dikabulkan oleh Allah, sebaiknya anda ber-khusnudzzan kepada-Nya. Siapa tahu do'a anda sebenarnya dikabulkannya, tetapi ditunda sampai batas waktu yang ditentukan. Bukankah anda senag mendengarkan Ryan D'massiv yang suaranya merdu? Bukankah jika ada pengamen yang suaranya bagus dan lagunya favorit anda ..maka anda akan membiarkan Si pengamen menuntaskan lagunya hingga selesai? Dengan demikian anda telah menundapemberian uang.
Begitulah Allh SWT ketika mendengarkan do'a demi do'a yang dipanjatkan kepada-Nya. Apalagi sembab matanya karena berlinangan air mata. Alh mencoba menunda untuk mengabulkan do'a-do'a yang dipanjatkan. Hamba-Nya, mengapa? Karena Allah masih ingin mendengarkan dan merindukan rintihan, permohonan, hamba-hamba-Nya yang senantiasa memanjtakan do'a. Allah menunda sampai waktu tertentu. Tapi jangan khawatir!! Terkadang Allah mengabulkan do'a anda dengan menghindarkan anda ari musibah dan marabahaya.
Selain itu bilaAllah mencintai mereka, Allah akan mengabulkan do'a mereka di akhirat nanti.inilah rasa begitu cintanya Allah kepada hamba-Nya yang selalu bermunajat. Inilah tingkatan do'a yang paling luar biasa. Sebuah rintisan do'a menuju kebahagiaan di akhirat. Barbahagialah anda sekarang..karena, inilah puncak do'a dari seorang muslim yang sejati.

0 komentar:

Posting Komentar