Ilmu Falak

|

Akhirnya keluar juga.... setelah edisi lalu tidak ditulis karena ada kesalahan teknis, edisi ini Islamasains akan meneruskan kembali bagaimana cara menentukan salat lima waktu, arah kiblat, dan awal bulan kamariah. Eit... afwan, lupa... kemarin kan janji mau mempelajari ASBOL dulu!! Ya.. maklum, namanya juga buletin yg masih belum profesional. Jadi harap maklum ya!!!
Apa yang disebut dengan Astronomi Bola (ASBOL) ???
§ Dilihat oleh mata, benda langit yang bertaburan di langit seolah melekat pada suatu setengah bola raksasa yaitu Bola langit dengan diameter tak terhinnga
§ Posisi sebuah benda langit dinyatakan dengan arah dan bukan jarak, maka diperlukan suatu tata koordinat: koordinat 2 dimensi pada permukaan bola
Jadi dapat disimpulkan, ASBOL sangat membutuhkan hitungan yang njelimet2... Bagi yang tidak suka matematika & fisika, boleh tidak mempelajari bab ini. Karena dibutuhkan keinginan untuk bisa mempelajarinya. Kalo hanya untuk sekedar membacanya juga tidak apa2. Pokoknya karisma dah membuat kata2 yg mudah untuk dipahami. Tinggal sahabat saja yang mudeng apa tidak??
Bab I Gerak Langit
Bola Langit

Dilihat dengan mata, bintang-bintang menempel pada permukaan dalam suatu bola raksasa yang berpusat di Bumi. Bola ini, yang radiusnya tak terhingga, disebut bola langit.
Posisi sebuah benda langit dinyatakan dengan arah, bukan dengan jarak. Diperlukan suatu tata koordinat: koordinat pada permukaan bola.
Dalam sistem koordinat langit, posisi bintang-bintang hanya ditentukan oleh arah mereka antara satu dengan lainnya. Umpamanya, bintang S1 dan bintang S2 terpisah atau berjarak sudut 20 derajat.
Jarak sudut antara dua bintang, S1 dan S2, didefinisikan sebagai sudut S1OS2 = sudut S'1OS'2 atau S2OG1 = S'2OG'1. Tampak bahwa jarak ke bintang-bintang itu tidak diperhitungkan, seakan-akan mereka diproyeksikan pada bola langit di S'1 , S'2 dan G'1.
KLU dan KLS
Jika kita memproyeksikan kutub-kutub Bumi pada bola langit kita akan memperoleh dua buah titik yang disebut Kutub Langit Utara (KLU) dan Kutub Langit Selatan (KLS).

Ket: Bola langit yang menunjukkan KLU, KLS dan Equator langit. Bintang Polaris terletak dekat sekali dengan KLU.


Gambar Pergerakan Bintang Polaris








Bagaimana??? Mudeng po mubeng??? Yoo jenenge wae bocah!!
Ocre boz, Insya Alloh edisi depan kita tambah wawasan lagi!!! Semoga waktunya cukup sampai ke perhitungan njlimet2. Ha ha ha... 1000X

0 komentar:

Posting Komentar